Wednesday 12 June 2013

Kemuliaan wanita

Dalam kitab Kanzul 'Ummal, al-Misykah, Riyadh ash-Shalihin, 'Uqud al-Lujain, dan lain-lain, teramat banyak kemuliaan yang terurai dari lisan suci baginda nabi Muhammad SAW tentang kemuliaan wanita. Diantara kemuliaan-kemuliaan yang Allah berikan itu adalah :
1. Do'a wanita lebih maqbul daripada do'a pria, karena sifat penyayang yang lebih kuat daripada sifat penyayang pria. Ketika ditanyakan kepada rasulullah SAW ihwal hal tersebut, jawab baginda rasul,"Ibu lebih penyayang daripada bapak dan do'a orang yang penyayang tidak akan sia-sia.
2. Seorang wanita shalihah lebih baik daripada 70 orang wali
3. Seorang wanita shalihah lebih baik daripada 70 orang laki-laki shalilh
4. Barangsiapa menggembirakan anak perempuannya, derajatnya diibaratkan seperti orang yang senantiasa menangis karena takut kepada Allah SWT, dan orang yang takut Allah SWT akan diharamkan api negara keatas tubuhnya
5. Tidaklah seorang wanita yang haidh itu kecuali haidnya merupakan kifarah (tebusan) untuk dosa-dosanya yang telalh lalu, dan apabila pada hari pertama haidhnya ia membaca,"Alhamdulillahi 'ala kulli haliin wa astaghfirulloh (segala puji bagi Allah dalam segala keadaan dan aku mohon ampun kepada Allah dari segala dosa)", Allah menetapkan dia bebas dari neraka dan dengan mudah melalui shirath, bahkan Allah ta'ala mengangkat derajatnya seperti dengan derajatnya 40 orang yang mati shahid apabila ia selalu bersyukur kapada Allah selama haidhnya.
6. Barang siapa mempunyai 3 anak perempuan atau 3 saudara perempuan atau 2 saudara perempuan, lalu dia bersikap ihsan dalam pergaulan dengan mereka dan mendidik mereka dengan penuh rasa taqwa serta bertanggung jawab, baginya adalah surga.
7. Dari aisyah RA, ia berkata, "barang siapa diuji dengan sesuatu dari anak-anak perempuannya lalu dia berbuat baik kepada mereka, mereka akan menjadi penghalang baginya dari api neraka."
8. Surga itu dibawah telapak kaki ibu
9. Wanita yang taat berkhidmat kepada suaminya akan tertutup pintu-pintu neraka dan terbuka pintu-pintu surga baginya. Dan dia dipersilahkan untuk masuk dari pintu mana saja yang dia kehendaki dengan tidak dihisab.
10. Wanita yang taat kepada suaminya, maka semua ikan di laut, burung di udara, malaikat di langit, matahari dan bulan, beristighfar baginya selama ia taat kepada suaminya dan meridhoinya.
11. Wanita yang mengerjakan sholat lima waktu, berpuasa wajib sebulan (ramadhan), memelihara kehormatannya, serta taat kepada suami, akan masuk surga dari pintu mana saja yang ia kehendaki.
12. Seseorang wanita yang mengandung janin dalam rahimnya, beristighfarlah para malaikat untuknya. Allah SWT mencatatkan baginya setiap hari dengan seribu kebaikan dan menghapuskan darinya seribu keburukan.
13. Seorang wanita yang mengalami sakit saat melahirkan, Allah SWT memberi pahala kepadanya seperti pahala orang yang berjihad di jalan Allah SWT.
14. Apabila seorang wanita mencucikan pakaian suaminya, Allah mencatatkan baginya seribu kebaikan, dan mengampuninya atas dua ribu kesalahannya, bahkan segala sesuatu yang disinari matahari akan memohonkan ampun untuknya dan Allah mengangkatnya seribu derajat.
15. Wanita yang menunggu suaminya hingga pulang, disapukan mukanya, dihamparkan duduknya. Atau menyediakan makan minumnya atau memegang tangannya, memperelokkan hidangan kepadanya, memelihara anaknya atau memanfaatkan hartanya kepada suaminya karena mancari keridhoan Allah, dibalas baginya akan tiap-tiap kalimat ucapannya, tiap-tiap langkahnya, dan setiap pandangannya kepada suaminya, sebagaimana memerdekakan seorang hamba.
Kesimpulannya, wanita adalah kemuliaan dan keindahan. Wanita adalah anugerah terindah. Namun wanita pun dapat menjadi fitnah yang membawa kepada puncak kebinasaan dan kehinaan.
Sumber : Majalah alKisah, no. 12/tahunXI/2013
Credit gambar : hijabers.abatasa.co.id

No comments:

Post a Comment